Buah Buahan Pendamping ASI Yang Bagus

Inilah Beberapa Buah Buahan Pendamping ASI dan Manfaatnya :

Buah Buahan Pendamping ASI Yang BagusPisang

Kandungan yang terdapat pada buah pisang yaitu fosfor, kalium, asam folat dan juga vitamin A yang baik untuk kesehatan bayi anda. Untuk penyajian pisang pada tahap pengenalan MPASI adalah dengan mengeruk daging buah pisang hingga lembut kemudian sajikan pada bayi. Ada pula yang dibuat campuran bubur atau pure sehingga menambah rasa dan tidak membuat bayi anda bosan. Ada beberapa manfaat pisang yang bagus untuk bayi :

  • Mudah cerna.
  • Mengatasi masalah sembelit.
  • Menyediakan nutrisi penting.
  • Buah yang tidak menyebabkan alergi.
  • Bagus untuk gangguan infeksi saluran kemih.

Jeruk

Pemberian buah jeruk memang ada yang mencemasakan ketika dikenalkan pada usia pemberian MPASI. Perlu anda ketahui bahwa jeruk yang baik adalah yang memiliki rasa manis sehingga anda tidak perlu khawatir dengan masalah kesehatannya. Kandungan gizi jeruk sangat bagus yaitu untuk kalsium, kalium, vitamin C, vitamin A, serat dan asam folat yang baik untuk kesehatan bayi. Dalam penyajiannya anda dapat mengupasnya kemudian peras hingga air nya yang diberikan pada bayi. Pemberian secara langsung belum disarankan karena teksturnya masih sulit dicerna oleh bayi. Manfaat Buah jeruk Bagi Bayi :

  • Sumber alami vitamin C. Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C. Jenis vitamin ini dikenal sebagai anti oksidan yang baik, dan membantu meningkatkan penyerapan zat besi yang berasal dari makanan lain. Selain manfaat yang tadi disebutkan, vitamin C juga berperan dalam merangsang pembentukan sel darah putih, sehingga sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh si buah hati.
  • Mencegah kanker. Buah jeruk mengandung D-limonene yang dipercaya menurunkan resiko serangan berbagai jenis kanker, termasuk kanker kulit, payudara, paru-paru, mulut , dan usus besar.
  • Unsur kalium (potasium) diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan berperan untuk menghindari osteoporosis.
  • Mencegah diabetes. Fruktosa yang terkandung dalam serat jeruk bermanfaat untuk membantu kadar gula dalam darah agar tetap stabil.
  • Membantu perkembangan otak. Asam folat yang terkandung dalam buah jeruk dipercaya berperan cukup penting dalam perkembangan otak.
Pir

Siapa sangka pir adalah salah satu buah yang baik untuk bayi. Tingkat keasaman pir yang sangat rendah membuat pir menjadi salah satu makanan yang paling aman untuk dikonsumsi oleh bayi. Bayi boleh memakan pir setelah berumur 6 bulan, kecuali dokter Anda memberi izin untuk bayi Anda memakan pir sebelum umur 6 bulan. Pir memiliki banyak sekali manfaat, selain melancarkan pencernaan, pir juga dapat mengurangi kolesterol, menghindarkan Anda dari kanker, asma, memberi asupan vitamin C, vitamin K dan lain-lain. Tidak perlu khawatir akan alergi, karena pir adalah buah dengan tingkat reaksi alergi yang sangat rendah.

Apel

Apel adalah buah yang sehat dikonsumsi karena kandungan berbagai zat penting untuk tubuh di dalamnya. Tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa saja, tetapi manfaat apel juga penting diberikan kepada bayi, tetapi bayi yang sudah 6 bulan atau lebih. Kandungan berbagai nutrisi, rasa apel serta mudah penyiapan adalah beberapa alasan kenapa Bunda harus menyiapkan sikecil buah apel sebagai bahan makananannya. Juga tidak terlepas dari banyaknya vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dalam buah apel. Selain vitamin dalam apel juga mengandung mineral seperti mangan, tembaga, kalsium, kalium, fosfor, selenium dll.

itu lah beberapa buah-buahan pendamping ASI yang sangat bagus bagi tumbuh kembang bayi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *